Monday, December 28, 2009

NASTAR



Nastar...kalo lagi mo lebaran, kue ini yang paling banyak dipesen..emang enak sih..!! Diantara kue lebaran yang lain, kue ini yang sedikit agak lama ngerjainnya, karena bikinnya mesti satu2x...jadi ya tau' sendiri deh...

Jadi kalo lagi bikin kue yg satu ini butuh asisten agak banyak, kalo ga' lama aja deh jadinya....bikinnya lama tapi begitu mateng cepet banget habisnya ...hahahahhaha..nasib..


Bahan :
  1. 2 Butir Kuning Telur = 40 gr
  2. 1 st Garam
  3. 20 gr Susu Bubuk
  4. 385 gr Terigu Segitiga
  5. 1/2 st Emplex
  6. 1/2 st Vanillie Bubuk
  7. 50 grGula Halus
  8. 275 gr Mentega

Bahan Polesan :
  1. 2 Kuning Telur
  2. 1 st Yellow Piping Jelly

Cara Membuatnya :
  1. Mentega, gula halus, vanillie, garam, emplex dan kuning telur kocok sampai agak putih.
  2. Kemudian masukkan terigu, susu bubuk, perlahan-lahan aduk sampai rata.
  3. Buat bulatan2x kemudian isi dengan selai nanas, poles dengan bahan polesan.
  4. Letakkan diatas loyang
  5. Panggang dengan panas 120 selama 50 menit.

Bahan Selai Nanas :
  1. 200 gr Nanas
  2. 100 gr Gula
  3. 3 Butir Cengkeh
  4. 1 Potong Kayu Manis

Cara Membuatnya :
  • Campur semua bahan jadi masak hingga kering.




SAGU KEJU


Kue ini...kue lebaran favoritenya anak2xku....jadi pasti kue sagu keju yang duluan habis dibanding kue yang lain. Suka deh!! ...ngeliat mereka doyan makan gitu, rasa cape kebayar sudah ....


Bahan :
  1. 100 gr Keju Parut ( Kraft )
  2. 250 gr Sagu Sangrai
  3. 1/2 st Double Acting
  4. 1 st Emplex
  5. 1 Butir Telur = 50 gr
  6. 150 gr Mentega
  7. 1/2 st Garam
  8. 95 gr Gula Halus

Cara Membuatnya :
  1. Mentega, gula, garam, emplex dan telur kocok sampai putih
  2. Lalu masukkan keju parut aduk sampai rata kemudian masukkan tepungnya sedikit demi sedikit, aduk perlahan2x sampai rata.
  3. Setelah itu cetak, kemudian panggang dengan panas 150 selama 20 - 25 menit.






Sunday, December 27, 2009

CUP CAKE


Cup cake...cup cake......!!!Sebenarnya sih cake ini seperti cup cake biasanya, tapi karena sekarang kita bisa lebih kreative dengan menghiasnya pake' butter cream atau fondant ataupun dengan coklat ganache. Wahhhh.....liat deh!! Setelah dihias gini.. terlihat jauh lebih menarik khannnn....

Cup cakes2x ini adalah hasil kursus di NCC dan langsung dipraktekin buat  ultah ke-4 anakku yang no.2 sebagai souvenir. Aku buat dengan hiasan dari butter cream, edible image and sedikit fondant biar tambah manis. Warna Pink untuk anak perempuan dan warna biru untuk anak laki2x.

Vanilla Cup Cake

Bahan :

  1. 120 gr Mentega
  2. 1/2 sdt Vanillie Bubuk
  3. 250 gr Gula Pasir
  4. 2 Butir Telur
  5. 200 gr Terigu Segitiga/ Kunci
  6. 1 sdt Double Acting
  7. 150 ml Susu Cair (ultra)


Cara Membuatnya :

  1. Kocok mentega, gula dan vanillie hingga mengembang dan pucat (15 menit).
  2. Lalu masukkan telur kocok lagi hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk rata (pake' spatula).
  4. Tuang adonan kedalam cup-cup cake.
  5. Panggang dengan panas 180 selama 20-25 menit.
  6. Angkat biarkan dingin lalu dihias.





Chocolate Cup Cake

Bahan A :

  1. 12 Butir Telur
  2. 450 gr Gula Pasir
  3. 20 gr Emulsifier/ SP
  4. 1 sdt Garam

Bahan B :
  1. 75 gr Coklat Bubuk
  2. 300 gr Terigu Segitiga/ Kunci
  3. 1 sdt Vanillie

Bahan C :
  1. 300 gr Mentega
  2. 200 gr Dark Cooking Chocolate tim + mentega
  3. 1 sdm Coklat Pasta

Cara Membuatnya :
  1. Kocok bahan A sampei kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi menjadi 3 bagian sama rata.
  2. Tuang adonan kedalam loyang cup cake, kukus/ panggang selama 20 menit.


Butter Cream :
  1. 500 gr Mentega Putih
  2. 500 gr Hollman Soft Cream
  3. 500 ml Gula Cair.
  4. 1 sdt Vanillie Cair
  5. 15 gr Susu Bubuk Full Cream

Cara membuatnya :
  • Semua bahan campur jadi satu kocok hingga kaku.


Coklat Ganache:
  1. 600 gr Dark Cooking Chocolate (lelehkan +mentega)
  2. 300 gr Whip Cream Kocok
  3. 125 gr Butter
Cara Membuatnya :
  • Kocok Whip Cream + dark cooking chocolate + mentega
  • Campur semua jadi satu sambil terus di kocok.



TIRAMISU


Nyammmmm... cake ini creamy banget...tapi karena ada aroma tiramisu yg rasanya mirip kayak kopi jadinya ga'  mbeelenggeeerrr kalo orang jawa bilang. Pokoke...yummy deh!!

Bikinnya ga' susah kok!! cuma butuh kesabaran. Ya... iyalah..untuk hasil yg bagus memang harus lebih sabar kuncinya.




Basic Cake Tiramisu :

  1. 7 Butir Kuning Telur
  2. 3 Butir Putih Telur
  3. 70 gr Tepung Terigu
  4. 1/2 st Susu Kental Manis
  5. 1/2 st Double Acting
  6. 1/4 st Vanillie Bubuk
  7. 1/2 sm SP
  8. 115 gr Gula Pasir
  9. 1/2 sm Rhum Pasta
  10. 75 gr Mentega + Butter (lelehkan)


Cara Membuatnya  :

  1. Semua bahan (kecuali mentega yg sudah dilelehkan), campur jadi satu kocok sampai naik.
  2. Terakhir masukkan mentega cair aduk rata
  3. Siapkan loyang bulat diameter 22, 2 buah yg sudah dipoles mentega.
  4. Masukkan adonan kedalam loyang tersebut.
  5. Panggang dengan suhu 200 selama 20 menit.
  6. Angkat, keluarkan dari loyang jika sudah dingin.






Bahan untuk creamnya :

  1. 150 gr Tiramisu Bubuk
  2. 250 gr Susu Cair/ Air Es
  3. 185 gr Air Es
  4. 150 gr L-Quick/ Biobianca

Cara Membuatnya :
  1. Susu Cair, air es dan L-Quick kocok.
  2. Lalu masukkan tiramisu bubuk kocok lagi.
  3. Cream siap dipoleskan diatas cake.





Cara menghias tiramisu  :

  1. Ambil satu lapis cake siram dengan Rhum Coffe/ Nescafe Instan yg sudah ditambah air.
  2. Poles dengan cream tiramisu.
  3. Tutup lagi dengan cake lakukan seperti hal yg diatas.
  4. Tutup seluruh cake dengan cream tiramisu kemudian hias dengan potongan coklat.


ARIEL EDIBLE IMAGE BDAY CAKE


Birthday cake satu ini pesenan special dari temen aku yang lagi ada di Prancis buat ulang tahun anaknya yang ke 5. Basic cake-nya sih standart "lapis surabaya", cuma dia minta pake edible image "Ariel" si mermaid terus ditambah sedikit mainan yg diatasnya yang temanya pas sama si Mermaid ini.

Ternyata waktu nge-print edible imagenya udah gede bangetttzzz....sampe2x..ga' ada tempat lagi buat aku untuk menghias apalagi mo' ditambahin mainan lagi diatasnya. Jadi aku putuskan untuk hanya ditambahkan kerang2xan dari coklat. Edible image sendiri jg bisa dimakan, karena gambar ini di print diatas kertas gula.

Jadi intinya semua yg ada diatas kue ini bisa dimakan tanpa ada sisa heheheheheh....




Untuk decornya...aku udah ngebayangin kalo warna cakenya nanti biru atau hijau seperti warna air laut dan tanaman2x yg ada dibawah laut gitu deh....Setelah buka2x buku cake decorating yg aku punya, aku contek beberapa dari bukunya ibu Fatmah Bahalwan dari NCC.

Buku ini recommended banget deh....buat semua pecinta baking, baguuuss banget deh!! ga' nyesel belinya...
Thanks ya ibu Fatmah...

Akhirnya setelah sekian lama nge-decornya jadi jg deh nih kue....wawww...keren....bukan hanya aku yg bilang keren, tapi temen aku yang pesen kue ini pun seneng karena kuenya bagus. Alhamdulillah...aku jg ikut senang...dengernya!!











COTTON CAKE


Kangen juga nih...!! udah lama banget ga' nengokin blog-ku ini, karena kesibukan bikin kue and ngurusin krucils... Kali ini aku mo bikin "Cotton Cake", namanya aja cotton cake udah kebayang deh..pasti kuenya lembut dan sehalus kapas. Ternyata bener banget...ga' nyesel deh belajar bikin kue ini...lha wong wuuenak kok!! Kalo dirasa-rasa...rasanya mirip JCC, begitu masuk mulut rasanya mak nyuuusss gitu...hmmmmmm.




Bahan A :
  1. 45 gr Mentega
  2. 45 gr Butter
  3. 15 gr Susu Bubuk
  4. 85 gr Terigu Segitiga/ Kunci

Bahan B :
  1. 110 gr Susu Ultra
  2. 1/2 st Essence Vanillie (Cair)
  3. 2 Butir Telur
  4. 7 Butir Kuning Telur

Bahan C :
  1. 275 gr / cc  Putih Telur
  2. 175 gr Gula Pasir

Bahan D :
  1. 1 sm Chocolate Pasta
  2. 1/2 sm Mocca Pasta

Aku kali ini cuma bikin satu lapis aja...sedangkan di resep ini bahan d, bisa ditambahkan chocolate and mocca pasta. Dan hasilnya jadi dua lapis mirip lapis surabaya. Kita bisa kreasiin mo bikin 2 lapis ataupun 3 lapis jg bisa. Terserah aja....





Cara Membuatnya  :
  1. Bahan A : Lelehkan mentega dan butter hingga mencapai suhu 80 C, lalu masukkan terigu dan susu bubuk, aduk sampai rata.
  2. Bahan B : Panaskan susu dengan suhu 60 C, campurkan dengan telur dab essence vanillie, aduk hingga rata. Tuangkan kedalam bahan A aduk sampai rata.
  3. Bahan C : Kocok sampai mengembang lalu masukkan kedalam adonan bahan diatas, aduk hingga rata.
  4. Adonan bisa dibagi dua 1 bagian tetap warna kuning, 1 bagian lagi warna coklat ( diberi bahan D).
  5. Siapkan loyang 30 x 10 yg sudah dipoles dan dialasi kertas roti hanya bagian bawahnya saja, samping2x loyang tidak usah dipoles mentega.
  6. Tuang adonan kedalam loyang.
  7. Panggang dengan cara au bain marie, temperatur 180 selama 40 menit.
  8. Setelah matang angkat, lapisi dengan selai strawberry.
















Saturday, December 19, 2009

BROWNIES PANGGANG



Bahan :
  1. 160 gr Tepung Terigu
  2. 90 gr Mentega + Butter
  3. 270 gr Gula Halus
  4. 1/2 st Garam
  5. 200 gr Coklat Blok
  6. 45 gr Coklat Bubuk
  7. 50 cc Air
  8. 1/2 sm SP
  9. 3 Butir Telur = 150 gr


Cara Membuatnya  :
  1. Campur semua adonan tepung, garam, coklat bubuk, sp sisihkan.
  2. Mentega, air dan gula halus masak sampai mendidih matikan api, masukkan coklat blok.
  3. Masukkan adonan mentega kedalam adonan tepung tambahkan telur kocok selama 10 menit.
  4. Siapkan loyang brownies ukuran 10 x 30 sebanyak 2 loyang.
  5. Loyang di poles mentega alasi kertas roti poles mentega lagi.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang. Taburi atasnya dengan choco chip/ keju/ almond/ mede/ korma.
  7. Panggang dengan suhu 180 selama 30 menit.
  8. Setelah dingin keluarkan dari loyang.
  9. Sajikan.

















ECLAIRS


Bikin "Eclair" hampir sama dengan soes isi vla hanya bentuknya aja yg beda, eclair bentuknya memanjang dan atasnya disiram sedikit coklat sebagai hiasan. Jadi semua bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di resep soes isi vla.




SOES ISI VLA




Bahan Kulit  :
  1. 150 cc Air
  2. 125 gr Mentega
  3. 1/4 st Garam 
  4. 150 gr Tepung Terigu
  5. 4 Butir Telur
  6. Kantung Plastik Segitiga
  7. Spuit

Bahan isi vla  :
  1. 500 cc Susu Cair
  2. 150 gr Gula Pasir
  3. 1/4 st Vanillie Bubuk
  4. 100 gr Tepung Terigu
  5. 3 sm Tepung Maizena
  6. 2 Butir Kuning Telur
  7. 3 sm Rhum (optional)

Cara Membuat Vla :
  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali rhum dengan api kecil dan terus diaduk hingga matang.
  2. Setelah agak dingin baru tambahkan rhum.

Cara Membuat Kulit :
  1. Didihkan air lalu masukkan mentega dan garam.
  2. Setelah mentega cair, masukkan tepung terigu sambil diaduk2x sampai tercampur rata dan matang.
  3. Angkat.
  4. Setelah adonan agak dingin, masukkan telur satu persatu, sambil kocok dengan kecepatan rendah, sampai adonan tercampur rata.
  5. Masukkan adonan kedalam kantung plastik segitiga, gunting sedikit ujungnya. Masukkan lagi kantung ini ke kantung plastik segitiga yg lain yg sudah diberi spuit.
  6. Cetak di loyang yg sudah dipoles mentega.
  7. Panggang selama 25 menit dengan suhu 200.
  8. Angkat.
  9. Setelah dingin kulit bisa diisi dengan vla.


Tuesday, December 8, 2009

ROTI SOBEK



Bahan  :
  1. 1/4 kg Terigu Cakra
  2. 1/2 st Baker Bonus
  3. 1 Butir Kuning Telur = 30 gr
  4. 40 gr Mentega
  5. 55 gr Gula Pasir
  6. 3/4 sm muncung Fernipan/ Saft Instant
  7. 1/4 sm Garam
  8. 60 cc Air Es
  9. 50 cc Susu Encer/ Ultra
  10. 25 gr Susu Bubuk


Bahan Isi  :
  1. Coklat Meses/ Coklat Filling
  2. Keju


Bahan Polesan :
  1. 1 Butir Kuning Telur
  2. 75 cc Susu Cair.



Cara Membuatnya  :
  1. Semua bahan campur jadi satu uleni hingga kalis.
  2. Istirahatkan adonan selama 15 menit.
  3. Bagi adonan menjadi 25-40 gr. Isi dengan coklat meses, keju, selai.
  4. Tata dalam loyang yg sudah dipoles mentega, jangan terlalu nempel, sisakan tempat untuk roti mengembang.
  5. Diamkan lagi selama 3 - 4 jam/ 40 menit dalam steamer roti.
  6. Poles atas adonan dengan kuning telur dan dicampur dengan susu.
  7. Panggang dengan suhu 200 selama 15 menit.
  8. Angkat, keluarkan dari loyang setelah dingin.




Buat roti sobek ini lebih praktis karena dicetak dalam loyang-loyang...bikinnya ga' terlalu ribet kayak roti manis yg adonannya di bentuk satu persaru. Kalo mo di jadiin roti keset tinggal adonan di cetak dalam loyang yang ga' terlalu tinggi, dan beratnya cuma 25 gr aja.





























BOLU GULUNG



Bolu gulung ini enaakk banget...lembut di mulut. Bisa jadi variasi kue kalo lagi ada acara arisan atau bisa juga buat antaran.


Rasa dan isi pun bisa kita variasiin sesuai selera kita aja...so jangan takut untuk mencoba..!!!


Bahan :
  1. 8 Butir Telur = 450 gr
  2. 20 gr Susu Bubuk
  3. 110 gr Tepung Terigu Segitiga
  4. 1 sm SP
  5. 1 sm Rhum Pasta
  6. 175 gr Gula Pasir
  7. 140 gr Mentega + Butter (cairkan)
  8. Sedikit Pasta Coklat/ Mocca/ Pandan/ Strawbery.
  9. Butter Cream/ Selai Strawberry/ Blueberry/ Nanas


Cara Membuatnya  :
  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair.
  2. Kocok selama +/- 15 menit, dengan high speed.
  3. Campur adonan dengan mentega cair, aduk rata.
  4. Tuang dalam loyang 30 x 40 X 4 yg sudah di poles mentega.
  5. Panggang dengan suhu 200 selama 20 menit.
  6. Angkat, keluarkan dari loyang selagi hangat alasi dengan kertas roti.
  7. Poles dengan selai/ butter cream.
  8. Gulung sampai habis, diamkan beberapa saat dalam keadaan tergulung agar menempel.
  9. Potong2x dan sajikan dengan teh hangat...mantap






BIKA AMBON



Dari namanya...kita berpikir kalo kue ini berasal dari Ambon...ehh ternyata salah, kue ini aslinya dari kota Medan. Sebenernya bikin bika ambon ini gampang-gampang susah...kalo dibilang gampang karena semua bahannya ga' ada yg istimewa semua bisa didapat di pasar, di bilang susah...karena cara dan tekhnik memanggang kue ini yg agak lain dari pada yang lain.


Aku aja belajar kue ini sebenernya udah lama banget...tapi karena udah pernah gagal 2 kali bikin malezz untuk coba lagi. Secara kue bika ambon ini bahan yg dipake boros telor gitu loh.... Sampe' suatu saat temen aku ada yg mo pesen. Dari situ aku terpacu lagi untuk trial kue yg satu ini.


Setelah cari tau lagi dari "guru" aku, baru deh sadar kalo selama ini cara panggang yang aku lakukan salah. Yaaahhhh...kenapa ga' dari dulu aja ya...ya sudah lah tidak ada kata terlambat buat belajar. Alhamdulillah!!...bikin yg ke-3 kali ini aku baru berhasil. Waaawww...seneng bukan main...finally I made it.




Bahan  :
  1. 300 cc Kuning Telur = 15 Kuning Telur
  2. 500 gr Sagu Tani
  3. 500 gr Gula Pasir
  4. 500 cc Santan kental dari 2 bh kelapa + 50 cc air + 5 buah daun jeruk masak sampe matang
  5. 350 cc Air Kelapa
  6. 1 sdt Ragi


Cara Membuatnya  :
  1. Gula + Kuning Telur + Sagu uleni jadi satu.
  2. Lalu masukkan santan yg sudah dimasak dan air kelapa pelan2x, aduk rata.
  3. Tambahkan ragi, aduk rata.
  4. Tunda adonan selama 4-5 jam.
  5. Siapkan loyang yang sudah dipoles minyak atau mentega.
  6. Panggang dengan suhu 160 api bawah, letakkan loyang diatas pasir setinggi 2 cm.
  7. Oven biarkan terbuka sedikit, agar terbentuk sarang selama 50 menit.
  8. Nyalakan api atas, tutup oven, panggang lagi selama 10 menit.
  9. Angkat, keluarkan dari loyang selagi masih hangat.
  10. Potong dan sajikan sesudah dingin.


Wednesday, November 18, 2009

PISANG MOLEN BANDUNG

Dulu kalo kita pergi ke Bandung dan pulang ga' bawa oleh-oleh pisang molen ini kayaknya rugi banget deh...!! Mana kalo beli rame banget sampe ngantri apalagi kalo kita datengnya rombongan ..musti telp dulu tuh... buat booking berapa banyak yang mau kita beli. Wah... pokoknya bener-bener top banget deh jaman itu.



Rasanya pun bervariasi ada pisang aja, pisang coklat dan pisang keju. Tergantung selera aja...tapi namanya jg pisang raja...mo diapain aja jg enak hehehehhe.....




Bahan u/ kulit :
  1. 200 gr Tepung Cakra
  2. 100 gr Korsvet
  3. 1 Butir Telur
  4. 50 gr Air
  5. 5o gr Mentega

Bahan u/ isi :
  1. Pisang Raja potong2x
  2. Keju Kraft
  3. Meses Coklat

Bahan untuk cairan :
  1. 5 sm Jelly Oil
  2. 10 sm Mentega + Butter

Cara Membuatnya :
  1. Uleni semua bahan kecuali korsvet ga' perlu sampe kalis lalu diamkan selama 1/2 jam.
  2. Ambil adonan kemudian giling memanjang bentuk persegi panjang kemudian lapisi dengan korsvet tutup kembali seperti lipatan amplop, kemudian giling lagi sebanyak 4 kali lipatan.
  3. Diamkan selama 15 menit, kemudian giling lagi setebal 1/2 cm.
  4. Potong2x, kemudian bungkus pisang tambahkan coklat atau keju.
  5. Letakkan pada loyang tanpa dipoles mentega satu sama lain secara dempet.
  6. Usahakan pas dengan ukuran loyang.
  7. Panggang dengan suhu 200 selama 30 menit.
  8. Angkat kemudian siram dengan bahan cairan selagi panas merata.
  9. Hidangkan sesudah dingin.



Sunday, November 15, 2009

COKLAT PRALINE


Lucu jg kayaknya kalo anak lagi ultah souvenirnya coklat praline ya....biarpun bikinnya njelimet (kata orang jawa) dan sedikit berkotor-kotor tapi hasilnya memuaskan. Bikin coklat praline ini sebenarnya ga' susah cuma butuh kesabaran yg luar biasa.

Tapi ga' ada ruginya kok...kalo kita mo coba.....



Bahan :

Untuk kulit : Plain Coklat

Untuk Isi :
  • Milk Ganache
  1. 150 gr Cream/ Whip Cream
  2. 300 gr Milk Chocolate
  3. 25 gr Butter
  4. Pasta/ Essence

Cara Membuatnya :
  1. Masak cream hingga bergelembung lalu angkat dari api, tambahkan butter.
  2. Masukkan chocolate, aduk sampai. Sisihkan.

  • Croquant : Ambil 100 gr adonan ganache lalu beri 100 gr almond cincang halus.
  • Mocca Cashew : Ambil 100 gr adonan ganache beri 1 sm mocca pasta + 1 st essence mocca.
  • Truffles : Ambil 100 gr adonan ganache beri 100 gr biscuit oreo yg sudah di haluskan.
  • Dresse Noix : Diisi dengan selai nanas.
  • White Chocolate Filling : Diisi dengan selai strawberry.
  • Chocolate Caffe Filling : Sama dengan milk ganache tambahkan 1/2 sm essence mocca, 1 sm mocca pasta, 1 sdt nescafe dan skippy (selai kacang) 1 sm.
  • Kirsch Croquant : Sama dengan milk ganache + 1 sm Rhum Black Forest.
  • Nougat truffles : sama dengan milk ganache hanya tambahkan dengan kacang giling kasar dan 2 sm selai kacang.
  • Caramel Cream : 100 gr gula dilumerin masukkan 1 sm glucose dan +/- air panas/ dingin masak sampai kental.

Cara Membuat Coklat Pralinenya :
  1. Siapkan cetakan
  2. Tim plain coklat (bahan u/ kulit coklat), biarkan hangat-hangat kuku.
  3. Tuangkan kedalam cetakan praline, diamkan beberapa saat.
  4. Keluarkan kembali adonan kulit, pastikan adonan kulit menutupi seluruh cetakan praline.
  5. Kemudian bekukan adonan kulit yg sudah dicetak dalam lemari es sebentar hingga beku.
  6. Praline siap diisi dengan bahan isi.
  7. Tutup kembali dengan adonan kulit sampai rata pada cetakan.
  8. Bekukan kembali kedalam kulkas sebentar sampai beku.
  9. Coklat Praline siap dikeluarkan dari cetakan.




Saturday, November 14, 2009

MARTABAK TELOR

Salah satu camilan favorite kita nih...kalo beli ga'cukup satu soalnya si krucil2x jg pada suka ternyata. Jadi kepikir deh...untuk bisa bikin sendiri meskipun gorengnya ga usah pake' penggorengan martabak telor yg super gede itu. Aku pake' aja penggorengan teflon yang lebar dan bawahnya yang datar. Not Bad lah!!!

Tapi pada waktu nggoreng adonan aku bagi 2 karena penggorengannya ga' sebesar penggorengan martabak. Ini dia lhooo...resepnya!!







Bahan :

Untuk Kulit :
  1. 500 gr Terigu Cakra
  2. 300 cc Air
  3. 1 sm Garam Halus

Cara Membuatnya :
  1. Campur semua bahan jadi satu, uleni hingga rata dan halus, lalu dibagi menjadi 20 bagian serta dibuat bulat2x.
  2. Diamkan 1 jam dalam rendaman minyak.
Untuk Isi :
  1. 500 gr Daging Sapi Cincang
  2. 2 sdm Bumbu Gulai Indofood
  3. 1 sdt Garam
  4. 1 sdt Vetcin (Optional)
  5. 200 gr Bawang Bombay
  6. 500 gr Daun Bawang rajang halus
  7. 14 Butir Telur Ayam/ Bebek
  8. Minyak untuk menumis

Cara Membuatnya :
  1. Daging sapi cincang, tumis dengan minyak sedikit.
  2. Tambahkan bumbu gulai, garam & vetsin (optional), masak hingga air dagingnya habis, lalu angkat.
  3. Rajang terpisah bawang bombay, daun bawang dan kocokan telur ayam/ bebek
  4. Panaskan minyak, ambil 1 adonan tepung tipiskan, tata diatas penggorengan teflon, langsung tuangkan adonan isi, lalu tutup kulit martabak menyerupai amplop. Pada waktu menutup kulitnya jangan terlalu lama, karena bisa bikin kulitnya ga' lengket saat ditutupnya karena keburu kering.
  5. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Angkat.
  6. Sajikan dengan acar mentimun dan cabe rawit.








    PANADA















    Hasil ngintip resepnya "Sisca Susanto" di Kreasi Jajan Pasar, akhirnya jadi jg kue ini. Kue khas orang Manado yg dalamnya berisikan ikan, cocok jg buat teman minum teh atau suguhan saat arisan.


    Bahan :

    Untuk Kulit :
    1. 250 gr Tepung Terigu Cakra
    2. 1 sdm Ragi/ Fernipan
    3. 1 Butir Telur
    4. 100 cc Santan Kental
    5. 50 gr Gula Pasir

    Untuk Isi :
    1. 200 gr Daging Ikan Tongkol/ Tuna kukus lalu suwir2x
    2. 20 Lembar Daun Kemangi
    3. 1 Helai Daun Pandan
    4. 50 cc Santan Kental

    Bumbu yang dihaluskan :
    1. 2 Buah Cabai Merah
    2. 2 Butir Bawang Merah
    3. 2 Siung Bawang Putih
    4. 1 sdt Ketumbar
    5. 1 Buah Tomat
    6. 1/2 sdt Pala
    7. 1/2 sdt Garam
    8. Sedikit Asam Jawa
    9. Minyak untuk menumis

    Cara membuatnya :
    1. Buat Kulit : Campur semua bahan, uleni hingga kalis dan tidak lengket ditangan. Diamkan selama 30 menit. Bagi adonan menjadi 25 gr. Sisihkan.
    2. Buat Isi : Panaskan Minyak, tumis bumbu yg sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan santan, daun kemangi dan daun pandan. Masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.
    3. Ambilkan adonan kulit, pipihkan dan beri 1 sdm adonan isi. Lipat jadi 2, seperti pastel.
    4. Panaskan minyak, goreng panada hingga matang dan kecoklatan. Angkat
    5. Siap disajikan.


    Saturday, November 7, 2009

    BEEF LASAGNA

    Suatu waktu aku pernah baca resep lasagna ini di 'Tabloid Nova', begitu ngeliat gambarnya kok kayaknya enak bener ya...apalagi selama ini kalo mau makan lasagna kita pergi ke restaurant italy or ke mall. Kadang kalo makan lasagna diluar gitu yg ga' kuat sama harganya itu loh....yang lumayan mahal.

    Jadilah aku pergi deh ke supermarket untuk beli semua bahan buat bikin lasagna ini, pertama kali bikin kok kayaknya ribet banget, karena musti buat saos dagingnya and saus kejunya. Trus waktu ngerebus kulit lasagnanya kadang suka nempel alhasil bikin kulitnya lama matengnya, dan sewaktu dilepasnya gampang sobek.

    Yah...maklumlah namanya jg baru pertama coba, jadi belum tau mana dulu yg musti dibuat biar hemat waktu jg. Tapi semua itu kebayar deh...karena begitu setelah mateng ...wow...keren and delicious. Ga' sia-sia deh jadinya ;-)



    Bahan :
    1. 300 gr Kulit Lasagna
    2. 1 ltr Air untuk merebus
    3. 1 sm Minyak Sayur
    4. 100 gr Keju Parmesan Bubuk (aku pake mozzarella)

    Saus Keju :
    1. 50 gr Mentega
    2. 50 gr Tepung Terigu (aku tambahin = 25 gr)
    3. 350 gr Susu Cair (aku tambahin = 150 cc)
    4. 1/2 sdt Garam
    5. 1//2 sdt Lada Halus
    6. 100 gr Keju parmesan (aku pake kraft)
    7. 1 sdt Gula Pasir (aku tambahin)

    Saus Daging :
    1. 3 sdm Minyak untuk menumis
    2. 150 gr Bawang Bombay
    3. 500 gr Daging Cincang
    4. 500 gr Tomat Merah potong kecil2x
    5. 2 sm Pasta Tomat
    6. 1 st Oregano
    7. 1 Lembar Bay Leaf (aku ga' pake)
    8. 1 sdt garam
    9. 1 sdt Gula Pasir
    10. 1 sdt Lada Halus

    Cara Membuatnya :
    1. Rebus kulit lasagna, bersama garam, minyak sayur, hingga lunak, angkat dan tiriskan.
    2. Saus Keju : Lelehkan mentega, masukkan tepung terigu aduk rata, masukkan susu sedikit demi sedikit aduk hingga licin. Tambahkan garam, lada, aduk rata, tambahkan keju parut aduk rata. Sisihkan.
    3. Saus Daging : Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Masukkan tomat, pasta tomat, oregano, garam, gula pasir, lada aduk rata. Masak hingga matang. Sisihkan.
    4. Penyelesaian : Dalam pinggan tahan panas olesi mentega, susun kulit lasagna, tuang saos daging, lalu tutup dengan saus keju kemudian tutup lagi dengan kulit lasagna lakukan seperti sebelumnya. Terakhir tutup lagi dengan kulit lasagna. Taburi dengan keju mozzarella.
    5. Panggang dalam oven dengan suhu 180 selama 25 menit.
    6. Angkat dan sajikan selagi hangat.




    JAPANESE CHEESE CAKE

    JCC with or without topping is still the best!!!
    Apalagi kalo makannya nunggu dingin tambah muantabbbb......

    Rasa cream cheesenya yg dominan hemmm.......
    mak nyesss...eennnaaakkk tenan.

    Pertama bikin JCC my kids belum terlalu suka, ah...tapi itu berlaku cuma beberapa saat aja, setelah aku masukkin kulkas dan dingin baru deh...mereka sadar kalo cake ini yummy beett...

    Dan sekarang kalo aku bikin JCC mereka ga pernah nolak tuh!!!, yes..yes...

    Bahan A :
    1. 175 gr Cream Cheese
    2. 65 gr Mentega/ Butter
    3. 175 gr Susu Cair (Ultra)

    Bahan B :
    1. 4 Butir Kuning Telur
    2. 50 gr Gula Halus

    Bahan C :
    1. 50 gr Gula Pasir
    2. 1/2 st Cream of Tar Tar
    3. 1/4 st Vanillie
    4. 1/2 st Garam
    5. 4 Butir Putih Telur

    Bahan D :
    1. gr Tepung Ten Mien
    2. 30 gr Tepung Terigu
    3. 10 gr Susu Bubuk

    Cara Membuatnya :
    1. Bahan A di tim, cheese creme diatas air panas, sambil masukkan susunya sedikit demi sedikit sampai larut betul. Masukkan mentega/ butter sampai lumer matikan apinya. Bahan ini harus betul-betul larut, kalo perlu disaring agar cake nanti bener2x lembut.
    2. Bahan B + A kocok dengan kocokan kawat. Tambahkan bahan D kocok lagi dengan kawat.
    3. Kocok bahan C sampai soft peak lalu masukkan bahan A dan B, terakhir masukkan bahan D.
    4. Siapkan loyang poles mentega alasi kertas roti poles mentega lagi
    5. Masukkan adonan kedalam loyang tersebut, lalu steam bake selama 30 menit hingga matang. Panggang dengan cara 'au bain marrie'.
    6. Atasnya poles dengan miller piping jelly sampe rata.





    Friday, November 6, 2009

    BLACK FOREST

    Emmm....Black Forest!! siapa yang ga' kenal dia??
    Cake ini paling cocok buat acara ulang tahun, unniversary atau perayaan lainnya.

    Kalo udah makan cake ini memang kadang suka lupa diri..tau-tau...beberapa hari kemudian hah!!! udah nambah aja nih berat badan hehehehehe...

    Gemana ga tambah??!! cakenya aja penuh dengan cream and diselimuti coklat, belum lagi di setiap lapisan cakenya diolesi dengan selai blueberry dan ga' lupa buah black cherrynya. yg bikin tambah seger. Tapi emang wueennakkk sih...apa mo dikata ??

    Bahan Cake :
    1. 8 Butir Telur
    2. 90 gr Tepung Terigu
    3. 5 gr Susu Bubuk
    4. 1 sm SP
    5. 160 gr Gula Pasir
    6. 1/2 Susu Kental Manis
    7. 50 gr Mentega/ Butter di cairkan
    8. 10 gr Coklat Bubuk/ Khusus u/ Black Forest
    9. 1/2 sm Rhum Pasta
    10. 2 sm Coklat Pasta

    Cara Membuatnya :
    1. Campur semua bahan jadi satu kecuali mentega/ butter cair dan susu kental manis.
    2. Terakhir masukkan mentega cair dan susu kental manis.
    3. Siapkan loyang bulat diameter 24 sebanyak 2 dan poles dengan mentega.
    4. Masukkan adonan kedalam loyang tadi, bagi sama rata.
    5. Panggang dengan suhu 200 selama 15-20 menit.
    6. Kalo sudang matang angkat dan sisihkan.

    Basic Cream Black Forest :

    Bahan :
    1. 200 gr Biobianca
    2. 400 cc Air Es
    3. Rhum Black Forest (sesuai selera)

    Cara Membuatnya :
    • Kocok biobianca dengan air es tambahkan rhum black forest hingga kencang.

    Bahan untuk lapisan :
    1. Selai Blueberry
    2. Black Cherry kalengan

    Bahan untuk hiasan :
    1. Milk chocolate parut kasar.
    2. Cerry merah batang.

    Cara menghias cake :
    1. Cake beri rhum tambahkan dengan air dari buah black cerry kalengan, kemudian poles dengan selai blueberry tambahkan black cerry kalengan diatasnya lalu olesi lagi dengan cream.
    2. Tutup lagi dengan cake dan ulangi lagi seperti yg diatas.
    3. Apabila semua cake sudah dilapisi, tutup cake dengan cream hingga rata.
    4. Taburi samping dan atasnya dengan coklat parut tadi.
    5. Hias atas kue dengan taburan coklat dan buah cerry merah batang diatasnya.

    ROTI SOSIS

    Salah satu roti kesukaan anak-anakku. Jadi kalo lagi bikin roti..roti sosis pasti selalu aku buat. Lumayan..bisa buat bekal sekolah mereka juga.

    Kalo mau bikin roti memang butuh kesabaran karena proses bikinnya yang lama. Tapi kalo udah jadi...pasti puas banget deh..!! Karena kalo bikin sendiri biayanya lebih murah dan quantitynya jg lebih banyak.

    So !!...ga ada salahnya khan.. kalo coba-coba bikin sendiri di rumah. kalo gagal ya coba lagi..jangan menyerah ;-)

    Bahan :
    1. 1 kg Terigu Cakra
    2. 1 st Baker Bonus
    3. 10 gr Garam
    4. 450 cc Es
    5. 100 gr Mentega/ Butter
    6. 220 gr Gula Pasir
    7. 75 gr Susu Bubuk
    8. 3 sm Fernipan/ Saft Instant
    9. 6 Butir Kuning Telur
    Bahan untuk poles :
    1. 2 Butir Kuning Telur + 50 cc Susu Evaporated

    Cara Membuatnya :
    1. Campur semua bahan jadi satu kecuali mentega dan garam.
    2. Uleni terus kemudian masukkan mentega dan garam hingga kalis.
    3. Istirahatkan adonan 15 menit, tutupi dengan plastik.
    4. Bagi dan timbang adonan sesuai selera 30, 40 atau 50 gr.
    5. Istirahatkan lagi sebentar kemudian isi dengan sosis kemudian bentuk.
    6. Setelah semua di isi dan dibentuk diamkan selama 3 jam (45 menit jika menggunakan steamer roti).
    7. Poles roti dengan bahan polesan agar mengkilat.
    8. Panggang dengan suhu 200 selama 12-15 menit.







    KUE TALAM UBI


    Hujan-hujan gini enaknya ngemil and nge-teh deh kayaknya ....pas di inget lagi, kemaren aku baru beli ubi kuning, trus ngecek lagi di kulkas kebetulan aku masih punya persediaan santan segar dan santan kara. Jadi deh akhirnya aku bikin kue talam ubi yang emang udah beberapa hari yang lalu udah rencana bikin kue ini, secara udah lama banget ga' pernah lagi makan kue ini.

    Setelah kutak katik sebentar didapur, jadi deh adonan kuenya. Tinggal dimasukin ke cetakan trus dikukus deh.....jeng jeng... 20 menit kemudian jadi deh kuenya. Langsung di serbu sama krucil-krucil yang udah ga' sabar nunggu kuenya mateng. Hoohohohohoho.....senengnya melihat mereka makan.

    Bikin kue ini gampang dan bahannya selain murah juga gampang dapetinnya dipasar. Selamat mencoba ya..

    Bahan :

    Lapisan Bawah :
    1. 300 gr Ubi Kuning
    2. 150 gr Tepung Sagu/ Tapioka
    3. 1 st Garam
    4. 250 gr Gula Pasir
    5. 300 cc Santan
    6. 1/2 st Vanillie

    Lapisan Atas :
    1. 100 gr Tepung Sagu/ Tapioka
    2. 1 st Garam
    3. 400 cc Santan Kental (aku pake santan kara+air)
    4. 2 sm Tepung Beras
    5. 1/2 st Vanillie

    Cara Membuatnya :
    1. Kukus ubi kuning hingga matang kemudian haluskan.
    2. Campur ubi dengan santan, gula, garam, vanillie, tepung sagu aduk rata kemudian saring. Sisihkan
    3. Masak bahan lapisan atas, campur semua bahan lalu masak dengan api kecil hingga agak mengental, matikan api. Sisihkan
    4. Olesi cetakan kue talam dengan minyak. Siapkan dandang kukusan.
    5. Masukkan cetakan kedalam dandang kemudian tuang adonan untuk lapisan bawah setinggi 3/4 cetakan, kukus selama 10 menit.
    6. Tuang adonan utk lapisan atas kukus lagi hingga matang (-/+ 10 menit).
    7. Angkat dari dandang, keluarkan kue talam ubi dari cetakan setelah dingin.
    8. Sajikan.

    Sumber : Kreasi Jajan Pasar by Sisca Susanto

    Thursday, November 5, 2009

    CHIFFON KETAN HITAM
























    Chiffon ketan hitam pertama aku kenal itu dari Bandung. Waktu itu memang lagi booming cake ini. Rasanya itu menurut aku unik, legit dan gurih. Mungkin karena terbuat dari ketan hitam itu kali ya...

    Tapi sayangnya waktu itu di Jakarta masih jarang yang jual, jadi kalo lagi pengen cake yg satu ini musti agak ditahan karena musti nunggu nitip saudara atau temen yg mo pergi ke Bandung. Akhirnya ....sekali waktu aku lihat jadwal kursus dimana aku sering menimba ilmu ini ngadain kelas kursus cake 'Chiffon Ketan Hitam' ini.

    Jadilah aku belajar...pada waktu kursus ngeliat cara bikin kue ini kok kayanya gampang banget. Nggak pake nunggu-nunggu lagi besoknya aku langsung praktekin di rumah. Alhamdulillah...berhasil, mungkin karena masih nempel banget tuh ilmu di kepalaku. Ehhh...sekali waktu aku coba bikin lagi....hah!!! ternyata gagal...hiks!

    Karena bikin cake ini memang tricky, terutama waktu ngocok putih telurnya itu. Kadang suka over ngocoknya, kadang kurang ngocoknya..kalo over ngocoknya begitu dicampur dengan adonan tepung dia akan menggumpal dan nggak lama kemudian kalo dituang ke dalam loyang chiffon adonannya akan mencair dan akhirnya keluar deh dari loyang chiffon yg bongkar pasang. Kalo kurang ngocoknya, Chiffonnya kurang ngembang.

    Hah...pokoknya kalo mo bikin cake ini masih suka stress apalagi kalo udah mulai mo nyampur putih telurnya. Tapi sekarang udah ga...hehehehe....karena udah belajar dari pengalaman2x sebelumnya. Bisa karena biasa....

    Bahan :
    1. 150 gr Gula Pasir
    2. 75 cc Minyak
    3. 2 sm Susu Kental Manis
    4. 1/2 st Double Acting
    5. 150 gr Tepung Ketan Hitam
    6. 200 cc Putih Telur
    7. 100 cc Air
    8. 4 Butir Kuning Telur
    9. 1/2 st Cream of Tar Tar
    10. Sedikit Vanillie

    Cara Membuatnya :
    1. Putih telur, gula , double acting dan cream of tar tar di kocok hingga soft peak.
    2. Tepung ketan hitam, garam, minyak, air, susu kental manis aduk hingga rata di tempat terpisah, lalu masukkan adonan putih telur kedalam adonan tepung.
    3. Aduk lagi hingga rata.
    4. Masukkan ke dalam loyang Chiffon ukuran 22/ 24 (bongkar pasang dan bisa di balik) tanpa dipoles mentega.
    5. Panggang dengan temp. 170 selama 60 menit hingga matang.
    6. Keluarkan dari chiffon dari oven, kemudian balik loyangnya.
    7. Keluarkan cake pada waktu sudah dingin dengan menggunakan pisau bergerigi.


    BROWNIES KUKUS


    Begitu pertama aku nyobain resep brownies kukusnya 'Nyonya Liem', aku langsung jatuh cinta...karena memang brokus (brownies kukus) yg seperti ini yg aku inginkan.

    Lembutnya...itemnya...manisnya...dan dalemnya yg agak sedikit lembab (mengutib dari kata2x temenku) itu loh... bikin kita ga bisa berkata-kata kalo lagi memakannya...heeemmm yummy!!




    Bahan :
    1. 125 gr Tepung terigu
    2. 50 gr Coklat bubuk
    3. 225 gr Gula pasir
    4. 6 Butir telur
    5. 1/2 st SP
    6. 1/2 st Vanillie
    7. 175 cc Minyak/ Butter yg di cairkan
    8. 75 cc Susu kental manis
    9. 100 gr Coklat blok (tim)
    10. Sedikit garam

    Caranya :
    1. Kocok telur, gula, SP, vanillie, garam hingga agak putih dan mengental (high speed).
    2. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk sambil diayak, aduk dengan spatula.
    3. Tambahkan coklat yg sudah di tim yang sudah dicampur dengan minyak/ butter.
    4. Aduk rata, bagi adonan menjadi 3 bagian, satu diantaranya ditambahkan dengan SKM.
    5. Siapkan dandang kukusan brownies.
    6. Masukkan adonan pertama ke dlm loyang brownies yg sudah dialasi dengan kertas roti.
    7. Kukus selama 10 menit.
    8. Lalu masukkan adonan ke-2 (yg sudah dicampur dengan SKM), kukus lagi selama 10 menit
    9. Masukkan adonan terakhir, kukus lagi selama 20 menit.

    Wednesday, November 4, 2009

    BAKPIA KACANG

    Bakpia kacang ini cocok sekali jadi temennya minum teh di sore hari. Buat cemilan sambil nonton tv jg ok...apalagi kalo makannya barengan suami dan anak2x tercinta waduh tambah wuuuenakk..lagi





    Bahan :

    Adonan Air :

    1. 250 gr Tepung segitiga
    2. 75 gr Gula pasir
    3. 100 gr Butter
    4. 1 Butir kuning telur
    5. 75 gr/ cc Air hangat


    Adonan lemak :

    1. 155 gr Butter
    2. 300 gr Tepung segitiga


    Bahan isi :

    1. Bun inti red bean
    2. Kacang Hijau (rebus kemudian haluskan tambah gula dan vanillie)


    Cara membuatnya :

    A.
    Buat adonan lemaknya dulu :

    1. Campur semua bahan, uleni sampe kalis.
    2. Bagi adonan jadi 5 (pluntir panjang).


    Buat adonan air :

    1. Campur semua bahan adonan air, uleni sampe kalis.
    2. Bagi adonan jadi 5 (pluntir panjang).


    B.
    1. Potong2x bagian lemak dan air sama banyaknya.
    2. Ambil satu potong adonan air, pipihkan masukkan 1 potong adonan lemak, bulatkan
    kemudian sisihkan.
    3. Gilas adonan dan gulung, buat 2 gulungan.
    4. Poles adonan yg sudah dibentuk dengan polesan telor( 1 butir telor utuh+ 2 butir kuning)
    5. Taburi atasnya dengan wijen.
    6. Panggang dengan suhu 180 selama 20 menit.










    FRUIT PIE

    Kalo makan kue yg satu ini ga cukup cuma satu, mo-nya nambah dan nambah lagi. Topping buahnya itu loh ..yg sangat menggoda mak slrruupp...belum apa-apa udah ngences!!


    Bahan Kulit :

    2 Butir telur = 100 gr
    100 gr Gula halus
    1 st Vanillie bubuk
    475 gr Tepung terigu segitiga
    1 sm Air biasa
    250 gr Mentega
    25 gr Susu bubuk


    Bahan Coating :

    1 Bungkus Agar2

    100 gr Gula Pasir

    500 cc Air


    Fla :

    500 cc Susu Encer

    100 gr Gula Pasir

    ½ st Vanillie

    50 gr Terigu Segitiga

    25 gr Maizena

    3 Butir Kuning Telur


    Buah untuk topping

    Strawberry

    Kiwi/ anggur hijau

    Mangga/ jeruk



    Cara Membuatnya :

    Telur, mentega, gula halus, dan air di kocok jadi satu kira-kira 5 menit lalu masukkan terigu, vanillie bubuk dan susu bubuk, cetak kedalam loyang pie tusuk permukaan dengan garpu supaya tidak mengembang kemudian panggang. Loyang hanya diolesi mentega.

    Panggang dengan temp. 170, selama 20 – 25 menit.

    Sesudah matang diisi dengan bahan isi yang sudah dimasak.

    Kemudian dihias dengan buah yang sudah di potong2x.

    Rebus agar2 dengan air lalu beri gula pasir, masak hingga mendidih

    Lalu siram bahan couting diatas pie yang sudah dihias tadi